Minggu, 26 September 2010

Pengenalan Dasar Sistem

a.    Pengertian Sistem
Menurut W. Gerald Cole, Sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh, untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan. Adapun prosedur adalah suatu urut-urutan pekerjaan kerani (clerical), biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih, disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang sering terjadi.
Sedangkan Steven A. Moscove, mendefinisikan Sistem Informasi Akuntansi sebagai suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan kepada pihak-pihak luar (seperti investor dan  kreditor) dan pihak-pihak dalam (terutama manajemen).
b.    Pengertian Informasi
Ada banyak pengertian Informasi yang dapat kita ketahui antara lain
•    Informasi adalah sebuah sumber organisasi dimana harus diatur secara baik seperti sumber daya lainnya.
•    Biaya dihubungkan dengan proses informasi
•    Proses Informasi harus daiatur untuk mendapatkan keunggulan potensial informasi
c.    Tujuan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi
1.    Menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru.
2.    Memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada.
3.    Memperbaiki tiongkat keandalan informasi akuntansi dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggungjawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan.
4.    Mengurangi biaya klerikal dalam menyelenggarakan catatan akuntansi
d.    Kategori Sistem Informasi Informasi
Transaction processing systems (TPS)
Office automation systems (OAS)
Knowledge work systems (KWS)
Management information systems (MIS)
Decision support systems (DSS)
Expert systems (ES)
Group decision support systems (GDSS)
Executive support systems (EES)
e.    Analisa Perancangan Sistem
Analisa dan perancangan sistem adalah sebuah pendekatan sistematik untuk mengidentifikasi masalah, kesempatan, tujuan; analisa aliran informasi organisasi; dan merancang sistem informasi terkomputer untuk menyelesaikan sebuah masalah
f.    Fungsi Analisi Perancangan Sistem
•    Sebagai Konsultan Bisnis
•    Men-support para expert dalam berbisnis
•    Agen Perubahan
g.    Siklus Hidup Pengembangan Sistem terdiri atas 7 fase antara lain :
•    Fase 1 yang terdiri atas Pengenalan dan Keterlibatan Personal
•    Fase 2 mengenai bagaimana Menentukan Kebutuhan Informasi dan  Keterlibatan Personal
•    Fase 3 mengenai bagaimana Menganalisa Kebutuhan Sistem, dan Keterlibatan Personal
•    Fase 4 Mengenai Merancang system yang direkomendasikan dan Personnel Involved
•    Fase 5 Mengembangkan dan Mendokumentasikan Program serta Keterlibatan Personal
•    Fase 6 mengenai Testing dan Implementasi Sistem serta Keterlibatan Personal
•    Fase 7 Implementasi dan Evaluasi Sistem dan Keterlibatan Personal

Sumber : http://itryramli.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar