Minggu, 03 Oktober 2010

Tugas 1 Analisis dan Desain Sistem Informasi

Dalam perancangan atau gambaran umum tentang sistem Perbankan di Indonesia secara garis besar, terdapat berbagai macam sub-sub sistem yang mengarah pada satu tujuan utama sistem itu sendiri.

Sistem Perbankan di Indonesia umumnya mempunyai sub-sub sistem sebagai berikut :
1. Direktur / Direktur utama
Sebagai pucuk pimpinan atau top manajemen di perbankan tersebut dan bertugas untuk memvalidasi setiap dokumen yang membutuhkan validasi direktur. dan sebagai penanggung jawab utama semua kegiatan perbankan di bank yang bersangkutan.
2. Bagian Akuntansi
Bertugas untuk menghitung dan mengecek setiap hari jumlah seluruh transaksi baik semua setoran (apakah itu setoran tunai maupun transfer) dan penarikandana (baik penarikan langsung di teller desk ataupun melalui ATM)
Sub-Sistem Akuntansi
-Teller : bertugas mencatat semua rekaman transaksi baik itu penarikan dan setoran para nasabah setiap harinya. bisa melalui slip setoran tunai maupun dari cek atau giro.
-Pinjaman / Kredit : merekam nasabah yang meminta kredit kepada bank dan menulis / mencatat semua bukti-bukti dan kontrak perjanjian kredit dan dengan syarat-syaratnya.
-Deposito : sistem yang berdiri sendiri dan langsung berhubungan dengan rekening pembukuan utama. deposan (orang yang membuka deposito) akan menandatangani kontrak deposito yang akan jatuh tempo setiap bulannya pada hari kerja
3. Bagian Administrasi
Mencatat ulang semua data mengenai nasabah dan memberikannya kepada operator untuk dimasukan ke dalam database.
4. Bendahara
Pada umumnya menghitung dan mencocokkan setiap record tentang transaksi dengan nilai nominal yang benar adanya pada saat itu di bank tersebut.


Mungkin itulah sebagian kecil sistem dan subsistem nya perbankan di Indonesia.
Semoga bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar